Biaya Publikasi Jurnal Scopus

Anda sedang mencari harga dan biaya publikasi di jurnal Scopus? jika iya, anda berada pada artikel yang tepat, karena dalam artikel ini kami akan memberikan anda informasi seputar biaya publikasi jurnal scopus.

Berkontribusi pada jurnal internasional yang terindeks Scopus merupakan salah satu cara untuk membangun reputasi individu dosen dan universitas yang mereka layani.

Berkat Internet, artikel Anda yang diterbitkan dapat dibaca dan dikutip oleh para sarjana di seluruh dunia.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Membuat Akun Sinta

Sekilas Tentang Scopus

Biaya Publikasi Jurnal Scopus

Sebelum ke pembahasan utama yaitu biaya publikasi jurnal scopus, Yuk kita kenali scopus terlebih dahulu. Scopus merupakan sebuah database referensi dan abstrak yang diluncurkan oleh Elsevier pada tahun 2004. Scopus ini berisi hampir 36.377 judul (22.794 judul aktif dan 13.583 judul tidak aktif) dari sekitar 11.678 penerbit, di mana 34.346 judul adalah jurnal peer-review di bidang terkemuka seperti ilmu kehidupan sains, ilmu sosial, ilmu kedokteran dan ilmu kesehatan. Scopus mencakup tiga sumber, yaitu seri buku, jurnal ilmiah, dan jurnal perdagangan.

Semua jurnal yang masuk dalam database Scopus menjalani tinjauan kualitas tahunan terhadap empat jenis ukuran kualitas digital, yaitu h-Index, CiteScore, SJR (SCImago Journal Rank), dan SNIP (Source-Normalized Impact per paper). Pencarian di Scopus juga termasuk pencarian di database paten

Jadi berapa biaya untuk menerbitkan jurnal internasional terindeks Scopus? Berikut adalah pembahasannya.

Biaya Publikasi Jurnal Scopus Terbaru

Biaya Publikasi Jurnal Scopus

Biaya publikasi jurnal Scopus dalam Rupiah bervariasi tergantung pada beberapa faktor, antara lain:

Jenis Jurnal:

  • Open Access: Jurnal open access umumnya mengenakan biaya publikasi (APC) kepada penulis. APC ini biasanya berkisar antara Rp 7.500.000 hingga Rp 75.000.000 per artikel.
  • Subscription-based: Jurnal subscription-based biasanya tidak memungut APC dari penulis. Namun, penulis mungkin perlu membayar biaya untuk akses ke artikel lain di jurnal tersebut.

Reputasi Jurnal:

  • Jurnal dengan faktor dampak tinggi umumnya memiliki APC yang lebih tinggi daripada jurnal dengan faktor dampak rendah.

Kebijakan Penerbit:

  • Setiap penerbit memiliki kebijakan APC yang berbeda-beda.

Lokasi Penulis:

  • Beberapa penerbit menawarkan diskon APC bagi penulis dari negara berkembang.

Berikut adalah beberapa contoh biaya publikasi jurnal Scopus dalam Rupiah:

  • Nature: Rp 75.000.000 per artikel
  • Science: Rp 60.000.000 per artikel
  • Cell: Rp 37.500.000 per artikel
  • The Lancet: Rp 30.000.000 per artikel
  • PLOS One: Rp 20.250.000 per artikel

Berikut adalah beberapa cara untuk mencari informasi tentang biaya publikasi jurnal Scopus dalam Rupiah:

  • Situs web jurnal: Setiap jurnal Scopus memiliki situs web yang berisi informasi tentang APC dalam USD. Anda dapat menggunakan konverter mata uang untuk mengubah USD ke Rupiah.
  • Scopus: Anda dapat mencari jurnal Scopus berdasarkan APC di situs web Scopus. Gunakan konverter mata uang untuk mengubah USD ke Rupiah.
  • Web of Science: Anda dapat mencari jurnal Web of Science berdasarkan APC di situs web Web of Science. Gunakan konverter mata uang untuk mengubah USD ke Rupiah.
  • Tanya kepada kolega: Anda dapat bertanya kepada kolega Anda yang pernah menerbitkan artikel di jurnal Scopus tentang biaya publikasi dalam Rupiah.

Call For Paper Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi Scopus Q2, Q3, Q4 Terbit Tahun Ini

Biaya Publikasi Jurnal Scopus

Ingin naskah anda terbit dengan jaminan 100% di jurnal internasional Scopus? Kami siap menjadi solusi terbaik bagi anda.

Sebagai seorang akademisi dan peneliti, Anda tentu paham betul betapa sulit dan memakan waktu publikasi jurnal internasional Scopus. Mulai Menyusun jurnal, memastikan kualitas referensi, melakukan pengecekan plagiarisme, hingga menunggu jurnal Anda diterima dan dipublikasikan adalah proses yang memakan waktu lama. Bukan hanya menguras waktu dan energi, tetapi juga potensi besar dalam karir akademis Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa melakukan semuanya sendiri akan membuahkan hasil lebih baik. Atau, Anda mungkin pernah mencoba asistensi dari sumber lain tetapi hasilnya belum memuaskan.

Tapi tenang, Kami hadir sebagai solusi untuk Anda!

Kami, PT Publikasiku Academic Solution, lembaga publikasi jurnal ilmiah resmi yang telah berbadan hukum dan siap melayani Anda. Kami memiliki layanan pendampingan publikasi jurnal nasional (Sinta) dan internasional (Scopus) dengan jaminan 100% terbit Tahun Ini.

Melayani Asistensi :

  • Scopus Q2 : Semua Rumpun Keilmuan (tersedia jurnal spesifik)
  • Scopus Q3 : Semua Rumpun Keilmuan (tersedia jurnal spesifik)
  • Scopus Q4 : Semua Rumpun Keilmuan (tersedia jurnal spesifik)

Sudah ratusan naskah author yang sukses kami terbitkan dalam waktu yang singkat.

Asistensi kami ini sudah include Templating, Review, Mendeley Reference, Revisi Minor, Proofreading, Cek Plagiasi Turnitin Premium, serta LoA 1-2 Minggu. Bahkan, Anda juga akan menerima sertifikat sebagai bukti publikasi jurnal Anda. Seluruh proses ini kami pastikan dapat selesai dalam tahun ini juga.

Jurnal Internasional Bereputasi Scopus Ini Bisa Untuk Keperluan :

  • Syarat Kelulusan S2 & S3
  • Syarat Sidang Yudisium
  • Luaran Tridarma
  • Luaran Hibah Penelitian
  • Jabfung
  • BKD

Note : Untuk menjaga kualitas, kami hanya melayani 12 naskah saja ditahun ini untuk publikasi jurnal internasional Scopus.

Konsultasikan Segera Kebutuhan Publikasi Jurnal Scopusmu Langsung Dengan Tim Jurnal Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Apakah Bisa Publikasi Jurnal Scopus Dengan Biaya Terjangkau?

Biaya Publikasi Jurnal Scopus

Sangat bisa, kenapa bisa begitu? karena biaya publikasi jurnal Scopus dari kami (Publikasiku) sendiri bisa terbilang terjangkau.

Selain itu, kami juga siap mendampingi jurnal milikmu sampai bisa terbit di jurnal Scopus impianmu.

Kami (Publikasiku) menerima semua rumpun ilmu. Baik itu rumpun ilmu Pendidikan, Sosial Sains, Perikanan, Kesehatan, Agama, Bahasa, Kelautan, Akuntansi, Psikologi, Hukum, Informatika, Komputer, Pertanian, dan lain sebagainya.

Konsultasikan Segera Kebutuhan Publikasimu Melalui Whatsapp Di Bawah Ini!

Keuntungan Memiliki Jurnal Terindeks Scopus

Biaya Publikasi Jurnal Scopus

Setelah mengetahui biaya publikasi jurnal scopus, yuk kita ketahui keuntungan yang didapat jika kita memiliki jurnal terindeks scopus. Untuk pembahasan selengkapnya, kamu bisa simak dibawah ini.

Pertama, di Indonesia, kekuatan merupakan syarat untuk naik jabatan akademik. DIKTI akan memeriksa apakah mereka telah mengindeks publikasi di Thomson ISI Knowledge Pages atau Scopus SJR Journal Ranking. Ini juga digunakan sebagai syarat untuk kenaikan pangkat menjadi Guru Besar (Professor) atau kenaikan pangkat menjadi Lektor Kepala (Associate Professor). Padahal, Kemenristekdikti baru-baru ini mengeluarkan ancaman dan peraturan baru (Permen 20 Tahun 2017), dimana dalam waktu tiga tahun (2015-2017), profesor harus mempublikasikan di jurnal internasional atau setidaknya salah satu dari mereka memiliki reputasi. Jika tidak, ancamannya tunjangan profesor akan dihentikan.

Kedua, keuntungan berada di Indonesia adalah memudahkan peneliti/dosen mendapatkan dana penelitian karena dianggap memiliki track record yang baik di bidang penelitian dan publikasi bereputasi internasional. Ketiga, akan membantu mendongkrak peringkat Indonesia di daerah yang posisi penelitiannya tertinggal, terutama dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Juga, publikasi penelitian terkemuka memiliki kualitas yang sangat tinggi karena melalui proses peninjauan yang sangat ketat dan panjang. Jika penelitian kami dipublikasikan di sini, peneliti dan ilmuwan di seluruh dunia akan membaca (Creative Commons) dan mengutip artikel untuk penelitian mereka.

Mengetahui biaya publikasi jurnal scopus sangat penting bagi teman-teman mahasiswa yang ingin melakukan publikasi.

Secara ekonomi, manfaat ini tidak terasa di Indonesia, tetapi jika suatu institusi menerbitkan publikasi di luar negeri, institusi tersebut akan membayar pemilik jurnal US$3000-5000 tergantung peringkat jurnal, kampus dan negara. Pemilik jurnal dihargai karena berkontribusi karena publikasi mereka digunakan sebagai indikator untuk menilai universitas kelas dunia. Di Malaysia sendiri banyak sekali peneliti Indonesia, di Indonesia mereka kurang beruntung, akhirnya karena dana dan penghargaan yang besar, mereka menjadi mesin penerbit kampus setempat. Oleh karena itu, salah satu orang yang berjasa mendorong kampus Malaysia menuju peringkat teratas dunia adalah masyarakat Indonesia sendiri. Hingga kini, masih ada ribuan dosen Indonesia yang mengajar di berbagai kampus di Malaysia.

Indonesia telah melaksanakan penghargaan penerbitan bergengsi melalui LPDP sebesar Rp 1 juta. 50 juta – 100 juta, tergantung standar yang dipilih. Tapi sayangnya, sekarang sudah dihentikan. Tapi seingat saya, ada juga program insentif melalui DIKTI.

Jika manfaat ke luar negeri sangat besar, sulit bagi mereka yang tidak memiliki jurnal internasional ternama, baik asisten profesor, dosen senior, associate professor atau profesor, untuk menjadi dosen.

Bagi mereka yang baru saja lulus, keuntungannya sangat besar bagi mereka yang ingin mengejar karir akademik atau penelitian, seperti melamar postdoctoral fellow dan asisten profesor di berbagai kampus di seluruh dunia.

Memiliki sejumlah publikasi internasional bereputasi juga akan memberi Anda kredibilitas, pengakuan, dan penerimaan jika Anda ingin membuat perbedaan di kampus di luar negeri.

Misalnya, ketika lulusan PhD baru-baru ini dengan publikasi terkenal yang tak terhitung jumlahnya kembali ke Indonesia, mereka tidak diperhatikan oleh dinas keamanan. Sehingga kampus-kampus di berbagai negara, khususnya di Malaysia akan segera menyambut mereka.

Jadi itu adalah keuntungan yang didapat dari memiliki jurnal terindeks scopus. Tentu saja pembahasan ini tidak kalah penting dengan biaya publikasi jurnal scopus di atas.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Penutup

Nah, mungkin itu saja informasi yang bisa kami berikan terkait biaya publikasi jurnal scopus, semoga dengan adanya artikel biaya publikasi jurnal scopus bisa berguna dan barmanfaat bagi rekan-rekan semua.

Terimakasih!


FAQ

Apakah Biaya Publikasi Jurnal Scopus itu Mahal?

Biaya publikasi pada jurnal internasional terindeks scopus terbilang mahal.

berapa sih biaya publikasi jurnal scopus itu?

Biaya publikasi jurnal scopus bisa bervariasi tergantung pada kebijakan dan praktek masing-masing jurnal.

dimana tempat publish jurnal scopus dengan biaya terjangkau?

Ada beberapa jurnal yang terdaftar di scopus yang menawarkan biaya publikasi yang terjangkau. Namun, biaya tersebut dapat bervariasi tergantung pada disiplin ilmu, negara, dan kebijakan masing-masing jurnal.

Berapa lama publish jurnal Scopus?

Publikasi jurnal scopus ada yang berbayar dan gratis. Jika ingin publikasi jurnal scopus gratis, maka seseorang akan melewati proses review yang cukup ketat, mungkin akan memerlukan waktu 6 bulan sampai 1 tahun lamanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *